A. Definisi Macromedia flash
Software untuk membuat animasi yang biasanya
digunakan untuk berbagai keperluan di Internet. Misalnya, untuk membuat situs,
banner iklan, logo yang beranimasi, serta animasi pelengkap lainnya.
Macromedia
Flash adalah software yang banyak dipakai oleh desainer web karena mempunyai
kemampuan yang lebih unggul dalam menampilkan multimedia, gabungan antara
grafis, animasi, suara, serta interaktifitas user. Macromedia Flash merupakan
sebuah program aplikasi standart
authoring tool profesional yang digunakan untuk membuat animasi objek
atau text yang sangat menakjubkan untuk membuat suatu situs web yang
interaktif, menarik dan dinamis.
Flash dikembangkan dari suatu aplikasi yang bernama
SmartSketch. SmartSketch sendiri merupakan aplikasi untuk menggambar yang diluncurkan
pada 1994 oleh FutureWave, bukan oleh Macromedia. Aplikasi ini cukup sukses di
tengah pasar aplikasi menggambar yang dikuasai oleh Illustrator dan Freehand.
Pada musim panas 1995, SmartSketch memperoleh
masukan dari penggunanya agar SmartSketch dapat digunakan untuk membuat
animasi. FutureWave sangat tertarik untuk membuat suatu aplikasi untuk membuat
animasi. Namun FutureWave agak pesimis mengenai pemasarannya, karena pada saat
itu animasi hanya didistribusikan dengan VHS atau CD-ROM.
Kemudian World Wide Web mulai mengembangkan
sayapnya, dimana grafik dan animasi menjadi vital. FutureWave melihat
kesempatan ini untuk memasarkan aplikasi yang mampu menghasilkan animasi dua
dimensi. Kemudian SmartSketc dimodifikasi sehingga mampu menghasilkan animasi
dengan menggunakan pemrograman Java sebagai player-nya. Namanya juga sedikit
dimodifikasi menjadi SmartSketch Animator. Namun, nama SmartSketch Animator
dirasakan kurang menjual, sehingga nama tersebut diubah menjadi CelAnimator.
Tetapi kemudian, karena kuatir dicap sebagai aplikasi pembuat kartun,
CelAnimator diubah menjadi FutureSplash Animator.
Walaupun dengan ide yang cukup revolusioner,
FutureSplash sulit populer. Oleh karena itu FutureWave mendekati Adobe. Namun
karena demo FutureSplash yang kurang memuaskan dengan lambatnya animasi, Adobe
menolak memproduksi FutureSplash. Baru pada November 1996, Macromedia mendekati
FutureWave untuk bekerja sama. FutureWave menyetujui tawaran Macromedia.
Kemudian FutureSplash Animator diubah namanya menjadi Macromedia Flash 1.0.
Macromedia adalah sebuah perusahaan perangkat lunak yang bergerak di bidang grafis dan pengembangan web.
Perusahaan ini didirikan pada tahun 1992 dan telah berkembang pesat pada tahun 1990-an dan 2000-an. Pada Desember 2005 Macromedia
diakuisisi salah satu perusahaan saingannya, Adobe Systems, tetapi Adobe sementara ini
masih tetap menggunakan nama Macromedia pada sejumlah programnya.
Macromedia didirikan pada tahun 1992 melalui merger
antara Authorware Inc. (perusahaan pembuat Authorware) dan MacroMind-Paracomp
(perusahaan pembuat Macromind Director). Hingga pertengahan 1990-an, Macromedia Director yang digunakan untuk memproduksi
CD-ROM dan kios-kios informasi masih merupakan produk
unggulan Macromedia, namun seiring meningkatnya popularitas World Wide Web Macromedia menciptakan Shockwave, sebuah
plugin Director bagi penjelajah web serta pada tahun 1996 mengakuisisi dua perusahaan berorientasi web,
FutureWave Software (yang membuat FutureSplash Animator yang
kemudian berkembang menjadi Flash) dan iBand Software (pembuat perangkat lunak
authoring HTML - yang
digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan Dreamweaver).
Tahun 2001 Macromedia mengakuisisi Allaire, yang
mengembangkan ColdFusion sebelum
pada akhirnya pada tahun 2005 Macromedia sendiri dibeli oleh Adobe.
Pengenalan Adobe Flash
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash)
adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk
membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang
dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan
dapat diputar di penjelajah web yang
telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash
menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada
Flash 5.
Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada
tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama
FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan
nama 'Macromedia' adalah Macromedia
Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan
seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash
Mengenal
symbol dan animasi frame by frame
Symbol adalah objek yang ada dokumen flash dan
dapat di duplikasi sebanyak-banyaknya ke movie tanpa menambah ukuran movie
tersebut. secara umum pada flash dikenal tiga jenis symbol yaitu ;
1. Movie
clip
2. Button
3. Grafhic
Teknik animasi frame by frame merupakan teknik
paling dasar, dimana kita harus membuat secara manual setiap pergerakan objek
di stage. Teknik animasi ini banyak digunakan pada pembuatan film kartun karena
perrgerakannya yang ssangat halus, namun untuk membuatnya dibutuhkan kesabaran
dan ketelitian sehingga memakan waktu yang cukup lama
B.
Karakteristik
Macromedia Flash MX
Macromedia Flash MX
mempunyai area kerja yang terdiri dari enam
bagian pokok yaitu : Menu Berisi
kumpulan instruksi atau perintah-perintah yang digunakan dalam Flash MX.
Terdiri dari menu File, Edit, View, Insert, Modify, Text, Control, Window,
Help.
C.
Konsep
Pemodelan
Konsep animasi yang kita
buat adalah tetang metamorfosis Ulat menjadi kupu-kupu .Metamorfosis itu
sendiri adalah sebuah proses perubahaan bentuk pada hewan mulai dari bentuk,
habitat, jenis makanan dan lain-lain. Habitat Ulat yang hidup dipepohonan serta kepompong yang menjadi media ulat untuk membentuk kaki
dan sayap hingga menjadi kupu-kupu yang dapat terbang
D. Perangkat Lunak Yang Digunakan
dalam Macromedia flash MX
Salah
satu perangkat lunak yang sangat
mendukung dalam penerapannya adalah
Macromedia Flash MX. Permasalahannya adalah bagaimanakah merencanakan, membuat atau memproduksi dan menguji perangkat lunak berupa animasi untuk
pembelajaran pembuatan animasi dengan
Macromedia Flash MX . Manfaat yang diharapkan dari pembuatan media animasi
ini adalah : bagi dunia teknologi, memanfaatkan dan mengembangkan teknologi Macromedia Flash untuk media
pembelajaran interaktif dan hiburan. Bagi dunia pendidikan, dapat dijadikan
sebagai masukan, referensi media pembelajaran berbentuk multimedia interaktif.
Bagi dunia animasi, memberikan kontribusi dalam upaya menghibur dan mendidik.
Sebelum
membuat sebuah animasi ada kalanya kita harus mengenal dahulu komponen-komponen
apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan sebuah animasi. Anda harus mengenal
semua komponen yang terdapat di aplikasi Flash MX ini agar pekerjaan dalam
pembuatan animasi ini dapat berjalan dengan lancar. Di bawah ini merupakan
window dari Flash MX yang
digunakan dalam pekerjaan
pembuatan animasi, baik itu berupa graphic atau animasi bergerak (cartoon).
Gambar Macromedia Flash
MX
Description of
Tools Box:
-
Arrow
Tool
Tool ini digunakan
untuk memilih suatu objek atau untuk memindahkannya.
-
Subselection
Tool
Tool ini digunakan untuk merubah
suatu objek dengan edit points.
-
Line
Tool
Tool ini digunakan
untuk membuat suatu garis di stage.
-
Lasso
Tool
Tool ini digunakan
untuk memilih daerah di objek yang akan diedit.
-
Pen
Tool
Tool yang digunakan untuk
menggambar dan merubah bentuk suatu objek dengan menggunakan edit points (lebih
teliti & akurat).
-
Text
Tool
Tool ini digunakan
untuk menuliskan kalimat atau kata-kata.
-
Oval
Tool
Tool yang digunakan
untuk menggambar sebuah lingkaran.
-
Rectangle
Tool
Tool yang digunakan
untuk menggambar sebuah segiempat.
-
Pencil
Tool
Tool ini digunakan untuk
menggambar sebuah objek sesuai dengan yang Anda sukai. Tetapi setiap bentuk
yang Anda buat akan diformat oleh Flash MX menjadi bentuk sempurna.
-
Brush
Tool
Tool ini sering
digunakan untuk memberi warna pada objek bebas.
-
Free
Transform Tool
Tool ini digunakan
untuk memutar (rotate) objek yang Anda buat atau mengubah bentuk
objek menjadi bentuk lain.
-
Fill
Transform Tool
Tools ini digunakan untuk memutar
suatu objek yang diimport dari luar lingkungan Flash MX, serta untuk mengatur
efek warna.
-
Ink
Bottle Tool
Tool ini digunakan
untuk mengisi warna pada objek yang bordernya telah hilang (tidak
ada).
-
Paint
Bucket Tool
Tool ini digunakan
untuk mengisi warna pada objek yang dipilih.
-
Eraser
Tool
Tool ini digunakan
untuk menghapus objek yang Anda bentuk.
0 50 Kometar:
Posting Komentar