Jumat, 05 Juli 2013

Artikel 10 Top Profesi Di Dunia ICT


10 TOP PROFESI DI DUNIA ICT

1. Analyst Programmer
Bidang pekerjaan yang  melakukan analisis dan desain terhadap sebuah sistem sebelum dilakukan implementasi atau pemrograman lebih lanjut. Analisis dan desain merupakan kunci awal untuk keberhasilan sebuah proyek-proyek berbasis komputer. Jenis pekerjaan ini juga memiliki 3 tingkatan seperti halnya pada programmer.
Merancang, membuat ‘code’ (program) dan menguji program untuk mendukung perencanaan pengembangan aplikasi system.
2. Web Designer
Mengembangkan rancangan inovatif aplikasi web-based beserta isi dari aplikasi tersebut. Web designer umumnya bertugas untuk membuat berbagai hal yang berhubungan dengan desain web yang dibuat, seperti pengolahan citra, foto, unsure grafis web yang dibuat, layout web, Pembuatan logo (jika belum ada), pembuatan tomboh, CSS layout dan masih banyak lagi. Kemampuan yang harus dikuasai bagi seorang web designer diataranya:
  1. Adobe Photoshop
  2. Adobe Ilustrator
  3. Adobe Flash
  4. HTML.(XTML),CSS,JavaScript
  5. Dreamweaver,frontpage.
3. Software Engineer
 Software engineer merupakan salah satu profesi dibidang TI yang bertugas :
1.      Terbiasa dengan pengembangan software ‘life cycles’ .
2.      Memiliki ketrampilan dalam men-desain aplikasi
3.      Menyiapkan program menurut spesifikasi
4.      Dokumentasi /’coding’
5.      Pengujian.
4. I T Executive
1.      Memelihara kecukupan, standard & kesiapan systems/infrastructure untuk memastikan pengoperasiannya dapat efektif & efisien.
2.      Menerapkan prosedur IT & proses untuk memastikan data terproteksi secara maksimum

5. IT Administrator
Menyediakan implementasi & administrasi yang meliputi Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN) dan koneksi dialup,
6. Network Administrator
 Mengurusi & mengoperasi jaringan LAN maupun WAN, manajemen sistem serta dukungan terhadap perangkat kerasnya.
Ada beberapa tipe administrator yang dimaksud yaitu administrator database, administrator operating system, administrator jaringan, dan administrator aplikasi (misal ERP). Masing-masing memiliki keahlian spesifik dibidangnya dan bahkan sertifikasi khusus untuk masing2 teknologi, seperti Microsoft, Cisco, Oracle, dan lain-lain. Sertifikasi ini menjadi salah satu tolak ukur bagi perusahaan dalam meng-hire orang-orang diposisi ini. Kebanyakan posisi ini ditempati oleh orang2 lulusan sarjana IT.
7. Security Administrator
Di beberapa perusahaan besar ada fungsi khusus untuk mengelola security sebagai bagian dari IT Governance untuk terciptanya segregation of duties. Tugasnya antara lain sebagai pengelola user access dan pengelola konfigurasi security. Kebanyakan posisi ini ditempati oleh orang2 lulusan sarjana IT.
8. Systems Engineer
System engineer merupakan salah satu profesi dibidang TI yang bertugas :
1.      Menyediakan rancangan sistem & konsultasi terhadap pelanggan. Memberikan responterhadap permintaan technical queries serta dukungannya.
2.      Termasuk melakukan pelatihan teknis ke pelanggan & IT administrator.
9. Network Support Engineer
Network support engineer merupakan salah satu profesi dibidang TI yang bertugas :
1.      Melaksanakan komunikasi & analisa sistem networking.
2.      Mendisain perencanaan untuk integrasi.
3.      Mendukung jaringan pada internet, intranet & extranet.       
4.      Menganalisa & ikut ambil bagian dalam pengembangan standardisasi keamanan & implementasi mengendalikan untuk keamanan LAN & WAN.
10. Helpdesk Analyst
Helpdesk analyst merupakan salah satu profesi dibidang TI yang bertugas : Me-’remote’ permasalahan troubleshoot melalui email/telephone dengan cara mengambil alih kendali para pemakai via LAN/WAN koneksi, Perencanaan, mengkoordinir & mendukung proses bisnis, sistem & end-users dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

0 50 Kometar:

Posting Komentar