Jumat, 17 Januari 2014

Pengertian Dari Macromedia Flash

A.    Definisi  Macromedia flash
Software untuk membuat animasi yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan di Internet. Misalnya, untuk membuat situs, banner iklan, logo yang beranimasi, serta animasi pelengkap lainnya.
Macromedia Flash adalah software yang banyak dipakai oleh desainer web karena mempunyai kemampuan yang lebih unggul dalam menampilkan multimedia, gabungan antara grafis, animasi, suara, serta interaktifitas user. Macromedia Flash merupakan sebuah program aplikasi standart authoring tool profesional yang digunakan untuk membuat animasi objek atau text yang sangat menakjubkan untuk membuat suatu situs web yang interaktif, menarik dan dinamis.
Flash dikembangkan dari suatu aplikasi yang bernama SmartSketch. SmartSketch sendiri merupakan aplikasi untuk menggambar yang diluncurkan pada 1994 oleh FutureWave, bukan oleh Macromedia. Aplikasi ini cukup sukses di tengah pasar aplikasi menggambar yang dikuasai oleh Illustrator dan Freehand.
Pada musim panas 1995, SmartSketch memperoleh masukan dari penggunanya agar SmartSketch dapat digunakan untuk membuat animasi. FutureWave sangat tertarik untuk membuat suatu aplikasi untuk membuat animasi. Namun FutureWave agak pesimis mengenai pemasarannya, karena pada saat itu animasi hanya didistribusikan dengan VHS atau CD-ROM.
Kemudian World Wide Web mulai mengembangkan sayapnya, dimana grafik dan animasi menjadi vital. FutureWave melihat kesempatan ini untuk memasarkan aplikasi yang mampu menghasilkan animasi dua dimensi. Kemudian SmartSketc dimodifikasi sehingga mampu menghasilkan animasi dengan menggunakan pemrograman Java sebagai player-nya. Namanya juga sedikit dimodifikasi menjadi SmartSketch Animator. Namun, nama SmartSketch Animator dirasakan kurang menjual, sehingga nama tersebut diubah menjadi CelAnimator. Tetapi kemudian, karena kuatir dicap sebagai aplikasi pembuat kartun, CelAnimator diubah menjadi FutureSplash Animator.
Walaupun dengan ide yang cukup revolusioner, FutureSplash sulit populer. Oleh karena itu FutureWave mendekati Adobe. Namun karena demo FutureSplash yang kurang memuaskan dengan lambatnya animasi, Adobe menolak memproduksi FutureSplash. Baru pada November 1996, Macromedia mendekati FutureWave untuk bekerja sama. FutureWave menyetujui tawaran Macromedia. Kemudian FutureSplash Animator diubah namanya menjadi Macromedia Flash 1.0.
Macromedia adalah sebuah perusahaan perangkat lunak yang bergerak di bidang grafis dan pengembangan web. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1992 dan telah berkembang pesat pada tahun 1990-an dan 2000-an. Pada Desember 2005 Macromedia diakuisisi salah satu perusahaan saingannya, Adobe Systems, tetapi Adobe sementara ini masih tetap menggunakan nama Macromedia pada sejumlah programnya.
Macromedia didirikan pada tahun 1992 melalui merger antara Authorware Inc. (perusahaan pembuat Authorware) dan MacroMind-Paracomp (perusahaan pembuat Macromind Director). Hingga pertengahan 1990-an, Macromedia Director yang digunakan untuk memproduksi CD-ROM dan kios-kios informasi masih merupakan produk unggulan Macromedia, namun seiring meningkatnya popularitas World Wide Web Macromedia menciptakan Shockwave, sebuah plugin Director bagi penjelajah web serta pada tahun 1996 mengakuisisi dua perusahaan berorientasi web, FutureWave Software (yang membuat FutureSplash Animator yang kemudian berkembang menjadi Flash) dan iBand Software (pembuat perangkat lunak authoring HTML - yang digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan Dreamweaver).
Tahun 2001 Macromedia mengakuisisi Allaire, yang mengembangkan ColdFusion sebelum pada akhirnya pada tahun 2005 Macromedia sendiri dibeli oleh Adobe.
Pengenalan Adobe Flash
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia'  adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash
Mengenal symbol dan animasi frame by frame
Symbol adalah objek yang ada dokumen flash dan dapat di duplikasi sebanyak-banyaknya ke movie tanpa menambah ukuran movie tersebut. secara umum pada flash dikenal tiga jenis symbol yaitu ;
1.      Movie clip
2.      Button
3.      Grafhic
Teknik animasi frame by frame merupakan teknik paling dasar, dimana kita harus membuat secara manual setiap pergerakan objek di stage. Teknik animasi ini banyak digunakan pada pembuatan film kartun karena perrgerakannya yang ssangat halus, namun untuk membuatnya dibutuhkan kesabaran dan ketelitian sehingga memakan waktu yang cukup lama
B.     Karakteristik Macromedia Flash MX
Macromedia Flash MX mempunyai area kerja yang terdiri dari enam
bagian pokok yaitu : Menu Berisi kumpulan instruksi atau perintah-perintah yang digunakan dalam Flash MX. Terdiri dari menu File, Edit, View, Insert, Modify, Text, Control, Window, Help.
C.    Konsep Pemodelan
    
Konsep animasi yang kita buat adalah tetang metamorfosis Ulat menjadi kupu-kupu .Metamorfosis itu sendiri adalah sebuah proses perubahaan bentuk pada hewan mulai dari bentuk, habitat, jenis makanan dan lain-lain. Habitat Ulat yang hidup  dipepohonan serta kepompong  yang menjadi media ulat untuk membentuk kaki dan sayap hingga menjadi kupu-kupu yang dapat terbang

D.    Perangkat Lunak Yang Digunakan dalam Macromedia flash MX
   Salah satu perangkat lunak yang sangat mendukung dalam penerapannya adalah Macromedia Flash MX. Permasalahannya  adalah bagaimanakah merencanakan, membuat atau memproduksi dan menguji perangkat lunak berupa animasi untuk pembelajaran pembuatan animasi dengan Macromedia Flash MX . Manfaat yang diharapkan dari pembuatan media animasi ini adalah : bagi dunia teknologi, memanfaatkan dan mengembangkan teknologi Macromedia Flash untuk media pembelajaran interaktif dan hiburan. Bagi dunia pendidikan, dapat dijadikan sebagai masukan, referensi media pembelajaran berbentuk multimedia interaktif. Bagi dunia animasi, memberikan kontribusi dalam upaya  menghibur dan mendidik.
     Sebelum membuat sebuah animasi ada kalanya kita harus mengenal dahulu komponen-komponen apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan sebuah animasi. Anda harus mengenal semua komponen yang terdapat di aplikasi Flash MX ini agar pekerjaan dalam pembuatan animasi ini dapat berjalan dengan lancar. Di bawah ini merupakan window dari Flash MX yang
digunakan dalam pekerjaan pembuatan animasi, baik itu berupa graphic atau animasi bergerak (cartoon).

Gambar Macromedia Flash MX
Description of Tools Box:
-          Arrow Tool
Tool ini digunakan untuk memilih suatu objek atau untuk memindahkannya.
-          Subselection Tool
Tool ini digunakan untuk merubah suatu objek dengan edit points.
-          Line Tool
Tool ini digunakan untuk membuat suatu garis di stage.
-          Lasso Tool
Tool ini digunakan untuk memilih daerah di objek yang akan diedit.
-          Pen Tool
Tool yang digunakan untuk menggambar dan merubah bentuk suatu objek dengan menggunakan edit points (lebih teliti & akurat).
-          Text Tool
Tool ini digunakan untuk menuliskan kalimat atau kata-kata.
-          Oval Tool
Tool yang digunakan untuk menggambar sebuah lingkaran.
-          Rectangle Tool
Tool yang digunakan untuk menggambar sebuah segiempat.
-          Pencil Tool
Tool ini digunakan untuk menggambar sebuah objek sesuai dengan yang Anda sukai. Tetapi setiap bentuk yang Anda buat akan diformat oleh Flash MX menjadi bentuk sempurna.
-          Brush Tool
Tool ini sering digunakan untuk memberi warna pada objek bebas.
-          Free Transform Tool
Tool ini digunakan untuk memutar (rotate) objek yang Anda buat atau mengubah bentuk
            objek menjadi bentuk lain.
-          Fill Transform Tool
Tools ini digunakan untuk memutar suatu objek yang diimport dari luar lingkungan Flash MX, serta untuk mengatur efek warna.
-          Ink Bottle Tool
Tool ini digunakan untuk mengisi warna pada objek yang bordernya telah hilang (tidak
ada).
-          Paint Bucket Tool
Tool ini digunakan untuk mengisi warna pada objek yang dipilih.
-          Eraser Tool
Tool ini digunakan untuk menghapus objek yang Anda bentuk.




0 50 Kometar:

Posting Komentar