Jumat, 04 Juli 2014

Pengertian Framework MVC (model view controler)

Framework MVC ( Model View Control )
Framework adalah kerangka kerja yang digunakan web programmer dalam menuliskan kode program supaya lebih terstruktur. MVC ( Model View Control ) adalah sebuah konsep pemrograman yang memisahkan pemrograman logic aplikasi dengan presentasinya. Terdapat 3 jenis komponen yang membangun suatu MVC pattern dalam suatu aplikasi yaitu :
 
1. Model
Model merupakan stuktur data. Secara spesifik Class model akan mengandung fungsi kode yang akan membantu dalam segala proses yang berhubungan dengan database seperti memasukkan, mengedit, mendapatkan dan menghapus sebuah database.
 
2. View
View merupakan informasi yang disampaikan ke pengguna. Yang mengandung keseluruhan detai dari implementasi user interface dengan melibatkan komponen grafis yang menyediakan representasi proses internal aplikasi dan menuntun alur interaksi user terhadap aplikasi.
 
3. Controller
Controller merupakan sebuah perantara antara Model dan View dan semua sumber yang dibutuhkan untuk memproses permintaan HTTP. Bertanggung jawab akan penampungan event yang dibuat oleh user dari view dan melakukan update terhadap komponen model menggunakan data dari user.

0 50 Kometar:

Posting Komentar